all about branding & creativity

all about branding & creativity

Branding, Marketing Communication, Kreativitas & Strategi Promosi

Nama Rightbrain dipilih karena ia memiliki dua konotasi: otak kanan, dan otak 'bener'. Otak kanan adalah sumber kreativitas, sedang otak 'bener' melambangkan ketepatan suatu 'brand document' yang disusun oleh profesional sejati, akan berfungsi sebagai 'brand blue print' yang akan menuntun brand itu menuju kepada masa depannya. Mirip dengan fungsi otak bagi manusia...

Rightbrain consulting membantu anda menyusun brand blue print, strategi komunikasi pemasaran, strategi meningkatkan penjualan/promosi & meningkatkan daya kreativitas dengan membantu menumbuhkan creative attitude dalam perusahaan anda!

Mau berkonsultasi dengan biaya per jam, atau penyusunan strategi dengan biaya per dokumen? Silahkan kontak email: nunusijilbab@yahoo.com, facebook/rightbrain, atau facebook/nunu nur tri andini

Jumat, 11 Februari 2011

TV adv..Efektif kah?

sbg seorang praktisi periklanan yg sdh 21 tahun berkecimpung di industri...sy tidak bisa menjawab ini dg gegabag, krn memang tidak ada jawaban yg mudah..

masalah marcomm adalah masalah yg kompleks, dipengaruhi banyak sekali faktor dan selalu ada probabilitas ketidakeefektifan suatu media.

contoh: suatu media plan yg sdh sangat bagus, sudah terbukti efektif dan efisien selama bertahun-tahun... tetapi ada suatu ketika di mana dia menjadi tidak efektid karena berubahnya peta persaingan & kondisi sosial masyarakat..misalnya pesaing melakukan burts launch yg luar biasa tak terduga, makabudget yg sdh kita canangkan menjadi "kelipet" oleh kegiatan pesaing dan akhirnya mempengaruhi performance brand..

memang secara umum TVC masih dianggap aefektif, namun perlu ditinjau kembali untuk kepentingan masing-masing brand...

Materi iklan yg baik juga bisa mempengaruhi efektivitas ikilan di media yg sama. Iklan yg populer, yg disukai, belum tentu lho bisa meningkatkan penjualan..?

Contohnya adalah iklan pasta gigi CU beberapa tahun yang lalu...(itu lho, yg ceweknya kejedot tiang listrik krn sialu lihat gigi si cowok..?)

Iklan tsb sangat populer, tapi sales jatuh. Dicoba lagi karena memang iklan disukai, eh, sales jatuh terus. Terpaksa diganti dg the common rule of old ad...dan sales kembali naik...

Jadi, media yg sama, plan yg sama, keefektifan bisa beda hanya karena materi iklannya beda...

Efektifkah TV Adv...? Tergantung....!

Nunu Andini Bernadi
Author, Speaker, Consultant, Lecturer in
Branding, Marcomm, Advertising, Copywriting, Creativity
http://rightbrainconsulting.blogspot.com
http://copywritingskill.com
http://naskahiklan.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar