Jumat, 11 Februari 2011
TV adv..Efektif kah?
sbg seorang praktisi periklanan yg sdh 21 tahun berkecimpung di industri...sy tidak bisa menjawab ini dg gegabag, krn memang tidak ada jawaban yg mudah..
masalah marcomm adalah masalah yg kompleks, dipengaruhi banyak sekali faktor dan selalu ada probabilitas ketidakeefektifan suatu media.
contoh: suatu media plan yg sdh sangat bagus, sudah terbukti efektif dan efisien selama bertahun-tahun... tetapi ada suatu ketika di mana dia menjadi tidak efektid karena berubahnya peta persaingan & kondisi sosial masyarakat..misalnya pesaing melakukan burts launch yg luar biasa tak terduga, makabudget yg sdh kita canangkan menjadi "kelipet" oleh kegiatan pesaing dan akhirnya mempengaruhi performance brand..
memang secara umum TVC masih dianggap aefektif, namun perlu ditinjau kembali untuk kepentingan masing-masing brand...
Materi iklan yg baik juga bisa mempengaruhi efektivitas ikilan di media yg sama. Iklan yg populer, yg disukai, belum tentu lho bisa meningkatkan penjualan..?
Contohnya adalah iklan pasta gigi CU beberapa tahun yang lalu...(itu lho, yg ceweknya kejedot tiang listrik krn sialu lihat gigi si cowok..?)
Iklan tsb sangat populer, tapi sales jatuh. Dicoba lagi karena memang iklan disukai, eh, sales jatuh terus. Terpaksa diganti dg the common rule of old ad...dan sales kembali naik...
Jadi, media yg sama, plan yg sama, keefektifan bisa beda hanya karena materi iklannya beda...
Efektifkah TV Adv...? Tergantung....!
Nunu Andini Bernadi
Author, Speaker, Consultant, Lecturer in
Branding, Marcomm, Advertising, Copywriting, Creativity
http://rightbrainconsulting.blogspot.com
http://copywritingskill.com
http://naskahiklan.blogspot.com
masalah marcomm adalah masalah yg kompleks, dipengaruhi banyak sekali faktor dan selalu ada probabilitas ketidakeefektifan suatu media.
contoh: suatu media plan yg sdh sangat bagus, sudah terbukti efektif dan efisien selama bertahun-tahun... tetapi ada suatu ketika di mana dia menjadi tidak efektid karena berubahnya peta persaingan & kondisi sosial masyarakat..misalnya pesaing melakukan burts launch yg luar biasa tak terduga, makabudget yg sdh kita canangkan menjadi "kelipet" oleh kegiatan pesaing dan akhirnya mempengaruhi performance brand..
memang secara umum TVC masih dianggap aefektif, namun perlu ditinjau kembali untuk kepentingan masing-masing brand...
Materi iklan yg baik juga bisa mempengaruhi efektivitas ikilan di media yg sama. Iklan yg populer, yg disukai, belum tentu lho bisa meningkatkan penjualan..?
Contohnya adalah iklan pasta gigi CU beberapa tahun yang lalu...(itu lho, yg ceweknya kejedot tiang listrik krn sialu lihat gigi si cowok..?)
Iklan tsb sangat populer, tapi sales jatuh. Dicoba lagi karena memang iklan disukai, eh, sales jatuh terus. Terpaksa diganti dg the common rule of old ad...dan sales kembali naik...
Jadi, media yg sama, plan yg sama, keefektifan bisa beda hanya karena materi iklannya beda...
Efektifkah TV Adv...? Tergantung....!
Nunu Andini Bernadi
Author, Speaker, Consultant, Lecturer in
Branding, Marcomm, Advertising, Copywriting, Creativity
http://rightbrainconsulting.blogspot.com
http://copywritingskill.com
http://naskahiklan.blogspot.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar