all about branding & creativity

all about branding & creativity

Branding, Marketing Communication, Kreativitas & Strategi Promosi

Nama Rightbrain dipilih karena ia memiliki dua konotasi: otak kanan, dan otak 'bener'. Otak kanan adalah sumber kreativitas, sedang otak 'bener' melambangkan ketepatan suatu 'brand document' yang disusun oleh profesional sejati, akan berfungsi sebagai 'brand blue print' yang akan menuntun brand itu menuju kepada masa depannya. Mirip dengan fungsi otak bagi manusia...

Rightbrain consulting membantu anda menyusun brand blue print, strategi komunikasi pemasaran, strategi meningkatkan penjualan/promosi & meningkatkan daya kreativitas dengan membantu menumbuhkan creative attitude dalam perusahaan anda!

Mau berkonsultasi dengan biaya per jam, atau penyusunan strategi dengan biaya per dokumen? Silahkan kontak email: nunusijilbab@yahoo.com, facebook/rightbrain, atau facebook/nunu nur tri andini

Senin, 07 Februari 2011

BAGAIMANA CARA MEMPERLUAS PEMASARAN?


Assalmu alaikum...

Waduh...lama sekali saya nggak 'ngurusin' blog yg satu ini, karena saya lagi sibuk membangun bisnis baru di Surabaya...

Postingan ini pun sebenarnya jawaban saya pada seorang penanya di milis yang saya ikuti. Nah, karena saya rasa relevan dgn blok ini, ya saya posting aja!

Monggo...dibaca...

Ibu bertanya "Bagaimana Caranya Memperluas Pemasaran Produk Saya?"

Pertanyaan ibu Vinni ini jawabnya tidak sederhana, karena untuk membuat marketing plan, dibutuhkan informasi terlebih dahulu sebelum bisa memberi rekomendasi.

Memperluas Pemasaran,apa artinya? Apakah memperluas distribusi? Meningkatkan Sales? Membangun merk yang kuat? Atau apa?!

Banyak orang awam masih belum bisa membedakan antara pemasaran (marketing) dan penjualan (selling).

Dalam dunia marketing, penjualan hanyalah salah satu elemen saja, karena marketing secara luas bertujuan untuk memasarkan suatu brand/merk agar memiliki nilai di mata konsumen. Tentu saja pada akhirnya, semua itu bermuara pada sales/penjualan,namun tujuan pemasaran BUKAN HANYA ITU SAJA. Karena sebuah merk yang telah memiliki nilai, akan bisa dijual tanpa anda harua menjual produk!

Kembali ke judul: apakah maksudknya memperluas jaringan distribusi? Kalau ya, maka kegiatan akan lebih banyak difokuskan pada pemberian insentif distributor dan bantuan pull out melalui iklan/promosi.

Ketika saya menangani produk-produk UNilever, saya banyak terlibat dalam pembuatan tools bagi salesman sebagai ujung tombak pembuka jalan distribusi. Biasanya kami menyediakan sales folder yang merupakan "senjata" bagi sang salesman untuk memasukkan barang mereka ke outlet/toko.

Dalam sales folder tsb.ada distributor promo, advertisement plan dll. yang intinya untuk memberi insentif pada pengecer. Kegiatan ini yang saya sebut sebagai kegiatan pemberian insentif bagi distributor tadi.

Nah, sekarang bagaimana membantu pull out?

Dalam dunia komunikasi pemasaran (marcomm) ada kredo bahwa "permintaan bisa diciptakan". So, ciptakanlah! Konsumen kita adalah konsumen yang gila iklan, sangat mudah dipengaruhi, sangat mudah mencoba hal-hal baru. Manfaatkan hal itu.

Tapi iklan kan mahal..?!

Ya, kalau kita bicara medium TV atau koran nasional. Tapi sudahkan anda pertimbangan iklan radio? Internet? WOM? Semua itu sangat murah bahkan bisa free!

Memperluas pemasaran juga membutuhkan analisa mendalam dari produk/jasa/brand yang akan anda jual...seperti:
analisa kompetitif di bidang harga, kualitas produk, persepsi konsumen, kegiatan pesaing, insentif distributor dll.

Hehe...ribet ya?

Semoga memberi pencerahan

Wassalamu alaikum,

1 komentar:

  1. wah rasanya kurang puas, butuh info lenih lanjut nih. tapi penjelasan diatas sangat memuaskan. mantap

    BalasHapus