all about branding & creativity

all about branding & creativity

Branding, Marketing Communication, Kreativitas & Strategi Promosi

Nama Rightbrain dipilih karena ia memiliki dua konotasi: otak kanan, dan otak 'bener'. Otak kanan adalah sumber kreativitas, sedang otak 'bener' melambangkan ketepatan suatu 'brand document' yang disusun oleh profesional sejati, akan berfungsi sebagai 'brand blue print' yang akan menuntun brand itu menuju kepada masa depannya. Mirip dengan fungsi otak bagi manusia...

Rightbrain consulting membantu anda menyusun brand blue print, strategi komunikasi pemasaran, strategi meningkatkan penjualan/promosi & meningkatkan daya kreativitas dengan membantu menumbuhkan creative attitude dalam perusahaan anda!

Mau berkonsultasi dengan biaya per jam, atau penyusunan strategi dengan biaya per dokumen? Silahkan kontak email: nunusijilbab@yahoo.com, facebook/rightbrain, atau facebook/nunu nur tri andini

Senin, 12 April 2010

Bagimana Mempromosikan Retail Business..?




Baru-baru ini saya mendapat kepercayaan dari seorang pemilik rumah makan untuk menangani promosi gerainya dengan tujuan yang ambisisus: meningkatkan penjualanya hingga 2x lipat dari biasanya. Bisakah..?!

Bila anda memiliki toko, resto, distro, warung, hotel, cafe, salon, kios... maka anda sedang bergerak di bidang retail buisness. Nggak peduli seberapa besar ukuraan outlet yang anda miliki. Sebesar Makro, caffefour, atau sekecil konter jualan pulsa hape di pinggir jalan.

Kebetulan saya pernah menangani promosi sebuah dept.store terkemuka selama 2 tahunan.. dan mereka telah memiliki kalender promosi selama 1 tahun penuh....: kapan diadakan jumbo/big sale, kapan diadakan promo untuk fashion collection...kapan diadakan promo untuk home collection...kapan ada event untuk loyal customer.

Apa tujuan pembuatan kalender promosi itu..? Untuk selalu ‘meramaikan’ toko agar sales meningkat terus sepanjang tahun...

Pada dasarnya, retail business promotion bersifat localized, sehingga sangat bergantung penjualanya pada penduduk sekitarnya. Hal ini membuat target marketnya pun bisa sangat spesifik secara demografis..sehingga bisa efisien dalam berpromosi (tentunya bila dilakukan dengan benar dan terarah).

Sumber penghasilan retail business bisa berasal dari front sales maupun back end sales... nah, yang terakhir ini biasanya disebut sebagai loyalty management.

Tentu, tiap jenis retail business punya karakteristik penjualan sendiri, seperti misalnya fashion yang harus selalu berubah mode atau restoran yang harus selalu menciptakan menu of the month just for the sake of promotion.

Jadi, sudahkan anda membuat kalender promosi anda..?

Ingat, konsumen itu orang yang sibuk dengan persoalan mereka sendiri. Maka kita harus mampu menarik perhatian mereka sejenak, agar mau ‘menengok’ ke toko kita... lalu setelah itu kita pun mulai ‘membujuk’ mereka untuk membeli dengan materi POS dan pelayanan yang helpful.

Selamat berjuang!

1 komentar:

  1. wah tulisannya sangat menginspirasi saya..

    terima kasih
    Ian As

    BalasHapus