all about branding & creativity

all about branding & creativity

Branding, Marketing Communication, Kreativitas & Strategi Promosi

Nama Rightbrain dipilih karena ia memiliki dua konotasi: otak kanan, dan otak 'bener'. Otak kanan adalah sumber kreativitas, sedang otak 'bener' melambangkan ketepatan suatu 'brand document' yang disusun oleh profesional sejati, akan berfungsi sebagai 'brand blue print' yang akan menuntun brand itu menuju kepada masa depannya. Mirip dengan fungsi otak bagi manusia...

Rightbrain consulting membantu anda menyusun brand blue print, strategi komunikasi pemasaran, strategi meningkatkan penjualan/promosi & meningkatkan daya kreativitas dengan membantu menumbuhkan creative attitude dalam perusahaan anda!

Mau berkonsultasi dengan biaya per jam, atau penyusunan strategi dengan biaya per dokumen? Silahkan kontak email: nunusijilbab@yahoo.com, facebook/rightbrain, atau facebook/nunu nur tri andini

Selasa, 20 April 2010

Kekuatan Branding Bahkan Bisa 'Menipu' Lidah!


Buat anda yang bergerak di bisnis F&B, ini perlu diwaspadai. Bisa jadi berita baik (bagi yang rasa makanan/minuman produksinya biasa-biasa aja).... tapi juga bisa jadi berita buruk (bagi yang yakin betul kalau produksinya is the best).

Akhir-akhir ini sering kita lihat dan dengarkan sebuah iklan TV untuk produk makanan yang mengusung tagline ‘rasa nggak pernah bohong’... hehe, berdasarkan pengalaman saya membuat blind test, saya berani bilang sebaliknya: Rasa pun bisa bohong! Lidah pun bisa ditipu oleh kuatnya image dan persepsi yang dilakukan oleh branding activities.

Begini ceritanya:
Dulu, ketika menangani sebuah brand margarin terkenal, kami melakukan blind test untuk mengukur tingkat rasa yang diinginkan konsumen. Nah, dalam blind test itu ternyata konsumen lebih menyukai rasa margarin yang sama sekali nggak terkenal.. dan kami cukup khawatir atas hal ini. Namun anehnya, ketika kami memberi label pada sample margarin yang mereka cicipi itu, mereka langsung bilang bahwa margarin kamilah yang lebih enak! Haha... hal ini mengingatkan saya pada kasus blind test dua merk minuman bersoda dari Amrik sono..yang hasilnya pun mirip seperti itu.

Lantas, ketika saya mengajar di Ubhara Surabaya, hal ini pun kembali terulang. Saat itu saya menanyakan kepada para mahasiswa, rokok apa yang mereka sukai, dan yang mengaku fanatik pada merk rokok tertentu. Nah, di depan kelas, mata mereka kami tutup, dan seluruh kelas bisa tahu... bahwa lidahnya bisa kita tipu dengan branding...sebab ketika dalam mata tertutup itu dia kami berikan berbagai macam merk rokok, ternyata dia tak bisa mengenali rokok yang katanya dia fanatikin itu!

Nah, sekarang.. bila produk anda kurang enak di lidah...jangan khawatir...branding yang terencana dengan baik, dan dilakukan dengan benar sesuai strategi...akan mampu melambungkan produk anda yang biasa-biasa saja itu menjadi merk favorit yang dipuji sebagai makanan/minuman “paling enak di dunia” oleh konsumen.

Sebaliknya, bagi anda yang saat ini super duper yaqin haqqul yaqin kalau produk anda adalah yang ternenak di dunia ini, waspadalah...! Bisa saja suatu saat produk anda itu akan kehilangan pasar dan dilupakan orang..persis dengan merk margarin yang saya ceritakan di atas: merk tersebut kini nggak pernah kelihatan lagi di pasar, meskipun dalam blind test dia menang...

Itulah kehebatan akibat suatu branding activities...meski terkesan ‘mahal’ dan ‘buang duit’.. sebenarnya dia adalah investasi!

ok, happy branding!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar